PPKn Sekolah Menengah Atas 1. Bagaimana relevansi konsep kebangsaan Soekarno dengan semangat nasionalisme?
2. Bagaimana konsep kebangsaan itu berkorelasi dengan semangat menjaga NKRI?​

1. Bagaimana relevansi konsep kebangsaan Soekarno dengan semangat nasionalisme?
2. Bagaimana konsep kebangsaan itu berkorelasi dengan semangat menjaga NKRI?​

Berikut jawaban dan pembahasan untuk menjawab pertanyaan:

  1. Konsep kebangsaan oleh Soekarno dengan semangat nasionalisme memiliki relevansi dengan menunjukkan bahwa bangsa Indonesia menjadi sebuah kerangka berpikir untuk menjelaskan sikap kebangsaan Indonesia yang sesungguhnya.
  2. Untuk terus semangat menjaga NKRI bangsa Indonesia dalam menanamkan nilai-nilai bela negara agar setiap masyarakat Indonesia memiliki kesadaran dan mampu bersosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, sesuai dengan peran dan profesi masing-masing demi menjaga kedaulatan negara dari segala semua bentuk ancaman.

Pembahasan

Soekarno menjelaskan bahwa ia memaknai nasionalisme tidak sekadar sikap mencintai Tanah Air atau bangsa akan tetapi harus paham dan mengerti hal yang paling penting untuk memahami nasionalisme Indonesia. Soekrano menggunakan cara pandang yang perspektif dialektika dalam merumuskan nasionalisme Indonesia termasuk unsur penting dan karena itu membuat konstruksi gagasannya berbeda secara signifikan dari pemahaman biasanya yang sering diambil dalam bentuk ekspresi yang sekadar bermakna cinta Tanah Air.

Dalam menjaga NKRI, Indonesia mewujudkannya apabila dalam dada rakyat Indonesia memiliki sikap bela negara, yaitu sikap dan perilaku masyarakat Indonesia yang memiliki jiwa terdapat kecintaannya kepada bangsa Indonesia. NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin keberlangsungan hidup bangsa dan negara. Bela negara terdapat dalam UUD 1945 pasal 27 ayat 3, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Bela negara juga merupakan kewajiban dasar manusia sebagai masyarakat Indonesia dengan penuh kesadaran dan rela berkorban dalam berbangsa.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang semangat NKRI, pada https://brainly.co.id/tugas/10549003

#BelajarBersamaBrainly

[answer.2.content]